21 November, 2015

TAKSONOMI PROTISTA

Ciri-ciri Umum Protista.  

Protista adalah kelompok beragam mikroorganisme eukariotik. Istilah protista pertama kali digunakan oleh Ernst Haeckel pada tahun 1866. Secara tradisional, protista dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan kesamaan dengan kerajaan “tinggi”: dengan bersel satu protozoa “seperti hewan”, dengan protophyta ” seperti tanaman ” (sebagian besar ganggang “bersel satu”), dan jamur lendir “seperti  Jamur ” dan jamur air. Subdivisi tradisional ini, sebagian besar didasarkan pada kesamaan yang sederhana, telah digantikan oleh klasifikasi berdasarkan filogenetik (keterkaitan evolusioner antara organisme).

DOWNLOAD VERSI MICROSOFT WORD : DI SINI

 


 Saat ini, istilah protista yang digunakan untuk merujuk pada eukariota uniseluler yang baik ada sebagai sel independen atau, jika mereka terjadi pada koloni, tidak menunjukkan diferensiasi ke jaringan. Istilah protozoa digunakan untuk merujuk pada spesies heterotrofik dari protista yang tidak membentuk filamen. Istilah-istilah ini tidak digunakan dalam taksonomi saat ini, dan mereka tetap hanya sebagai cara mudah untuk merujuk pada organisme ini.


Antonie Philips van Leeuwenhoek umumnya dikenal sebagai “Bapak Mikrobiologi,” dan dia dianggap sebagai mikrobiolog pertama. Menggunakan mikroskop buatan tangan, dia adalah orang pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel tunggal dalam setetes air, yang awalnya disebut sebagai animalcules, dan yang sekarang kita sebut sebagai mikroorganisme Gambar 3. Sebelumnya, keberadaan organisme bersel tunggal sepenuhnya diketahui. Penemuan utama Van Leeuwenhoek adalah infusoria (protista dalam klasifikasi zoologi modern) pada tahun 1674, bakteri (Selenomonads besar dari mulut manusia) pada 1676, dan spermatozoa pada tahun 1677.
Taksonomi protista masih berubah. klasifikasi Baru mencoba untuk menyajikan kelompok monofiletik berdasarkan ultrastruktur, biokimia, dan genetika. Karena protista secara keseluruhan adalah paraphyletic, sistem seperti itu sering berpisah kerajaan, memperlakukan kelompok protista karena baris yang terpisah dari eukariota. Meskipun pengetahuan luas tentang fisiologi dasar banyak spesies Protistan, pendekatan genetik yang mengarah ke penemuan spesies yang sebelumnya tidak diketahui dalam kelompok-kelompok ini. Kloning dan sekuensing gen Protistan yang mengungkapkan taksa baru dan hubungan evolusioner antara protista yang menunjukkan keragaman yang lebih besar di antara protista dari sebelumnya dibayangkan.
Secara historis, protista diperlakukan karena kerajaan Protista, yang mencakup sebagian besar organisme uniseluler yang tidak sesuai dengan kerajaan lain; Dalam taksonomi modern, klasifikasi ini telah diperdebatkan. Sebaliknya, itu adalah “lebih baik dianggap sebagai pengelompokan yang longgar dari tiga puluh atau empat puluh filum yang berbeda dengan kombinasi beragam mode trofik, mekanisme motilitas, penutup sel dan siklus hidup”. Protista tidak memiliki banyak kesamaan selain organisasi-baik relatif sederhana mereka uniseluler, atau mereka multiseluler tanpa jaringan khusus. Organisasi ini selular sederhana membedakan protista dari eukariota lainnya, seperti jamur, hewan, dan tumbuhan. Beberapa kelompok sekitar delapan puluh organisme yang kita golongkan sebagai protista mungkin memiliki panjang sejarah evolusi independen peregangan sejauh dua miliar tahun. Analisis genom, ditambahkan kriteria lain, menunjukkan bahwa kelompok-kelompok lainnya yang berasal dari nenek moyang yang lebih kompleks dan berbagai kelompok ditempatkan di Protista sama sekali tidak berhubungan erat satu sama lain, yaitu protista tidak mewakili clade tunggal.

Contoh Protozoa

Giardia adalah protista yang hidup di dalam usus manusia yang terinfeksi atau hewan lain. Individu terinfeksi melalui menelan atau bersentuhan dengan makanan yang terkontaminasi, tanah, atau air dan dapat mengalami diare keras, kelebihan gas, perut atau kram perut, sakit perut, dan mual. Ini Giardia Parasit berasal dari barang-barang yang terkontaminasi dan permukaan yang telah tercemar oleh tinja hewan yang terinfeksi.

Ringkasan Ciri-ciri Protozoa

  1. Salah satu organisme uniseluler eukariotik termasuk protozoa, jamur lendir dan beberapa ganggang, secara historis dikelompokkan ke kerajaan Protista.
  2. Protista adalah kelompok beragam mikroorganisme yang dapat ada secara independen atau dalam koloni.
  3. Antoni van Leeuwenhoek yang pertama melihat protista dalam setetes air, menemukan keragaman besar eukariota mikroskopis yang sebelumnya tidak diketahui.
  4. Sampai saat ini, semua protista digolongkan ke dalam satu kingdom Protista. Kerajaan ini tidak lagi diterima, karena ahli biologi telah menyadari bahwa anggotanya sebenarnya lebih terkait erat dengan organisme dalam kerajaan lain.
  5. Dalam dekade terakhir, banyak protista sangat kecil (panjang 0,5-2 mikrometer ) telah ditemukan dengan metode genetik.
  6. protista adalah eukariotik, yang berarti mereka bukanlah jenis bakteri dan mengandung inti sejati.
  7. protista bisa menjadi multiseluler atau uniseluler.
  8. Beberapa heterotrofik, yang lain autotrophic.
  9. Beberapa mereproduksi seksual dan beberapa mereproduksi secara aseksual. Yang lain menggunakan kedua metode, reproduksi aseksual dalam sejumlah organisme dan reproduksi seksual di luar.
  10. protista Banyak yang parasit dan hidup di kolam
  11. protista Seperti tumbuhan dianggap sebagai nenek moyang tanaman modern.
  12. Hewan-seperti protista diperkirakan telah menjadi nenek moyang dari semua hewan.
  13. Eukariotik. Setiap dari organisme bersel tunggal atau multiseluler, dari taksonomi domain Eukaryota, yang sel mengandung setidaknya satu inti yang berbeda.


Sekian pembahasan mengenai Taksonomi Protista, baca juga artikel lainnya seperti pada link di bawah ini :

Tujuan Belajar Bahasa Indonesia : http://mariberbagi-ilmu2.blogspot.co.id/2015/11/tujuan-belajar-bahasa-indonesia.html
Hakekat Bangsa : http://mariberbagi-ilmu2.blogspot.co.id/2015/02/hakekat-bangsa.html
Makalah Presfektif Global "Permasalahan yang Terjadi di Negara Maju dan Berkembang" : http://mariberbagi-ilmu2.blogspot.co.id/2015/02/makalah-presfektif-global-permasalahan.html
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA : http://mariberbagi-ilmu2.blogspot.co.id/2015/02/pengembangan-pendidikan-multikultural_74.html
TUGAS TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN : http://mariberbagi-ilmu2.blogspot.co.id/2015/11/tugas-teknologi-pengolahan-hasil.html


terimakasih atas kunjungan Anda ke artikel ini.




Lokasi:INDONESIA Indonesia

0 komentar:

luvne.com tipscantiknya.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com