21 November, 2015

PENGERTIAN SISTEM POLITIK



Pertama-tama sebelum membahas definisi system politik kita akan bahas sistem secara umum oleh para paka antara lain sebagai berikut :

DOWNLOAD VERSI MICROSOFT WORD : KLIK DI SINI

http://mariberbagi-ilmu2.blogspot.co.id/


Menurut Pamudji :
            Sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisir, suatu himpunan atau perpaduan hal-hal  atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplek atau utuh.

Menurut Prajudi :
            Sistem adalah suatu jaringan dari pada prosedur-prosedur yang berhubungan satu sama lain menurut skema atau pola yang bulat untuk menggerakkan suatu fungsi yang utama dari suatu usaha atau urusan.

Menurut Poerwadarminta :
            Sistem adalah sekelompok bagian-bagian (alat atau sebagainya) yang berkerja bersama sama untuk melakukan suatu maksud.

Menurut Sumantri :
             Sustem adalah sekelompok bagian-bagian yang berkerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud, apabila salah satu bagian rusak atau tidak dapat menjalankan tugasnya, maka maksud yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi atau setidak-tidaknya sistem yang sudah terwujud akan mendapat gangguan.

Menurut Musanef :
            Sistem adalah suatu sarana yang menguasai keadaan dan pekerjaan agar dalam menjalankan tugas dapat teratur.

Menurut Hendry Pratt Fairchild :
            System is an aggregate of related interest pr activities, there is the assumption of an organization of parts or phases in orderly arrangement.

Menurut Eric Kohler :
            System is a collection of objects pr events conforming to a plan, the plan it self.

Dari uraian tersebut di atas maka disimpulkan bahwa sistem adalah suatu rangkaian yang kait mengkait satu sama lain, anak rangkaian merupakan suatu keutuhan yang apabila salah satu terganggu akan berpengaruh pada bagian yang lain.

            Robert Dahl memberikan pengertian untuk sistem politik sebagai berikut :
A political system is any persistent pattern of human relationship that involves the sifnificant extent, power, rules or authority.

            Dengan demikian menurut Robert Dahl sistem politik mencakup dua hal yaitu pola yang tetap dari hubungan antar manusia kemudian melibatkan sesuatu yang luar tentang kekuasaan, aturan dan kewenangan.

            Menurut Gabriel Almond sistem adalah :
A political system is that system of interaction to be found in hall independent societies, which performs the functions of integration and adaptation.

            Jadi menurut Gabriel Almond sistem politik antara lain adalah merupakan sistem interaksi yang ditemui dalam masyarakat merdeka, yang menjalankan fungsi penyatuan dan penyesuaian.


Lokasi:INDONESIA Indonesia

0 komentar:

luvne.com tipscantiknya.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com