21 November, 2015

TIMBULNYA NEGARA

TIMBULNYA NEGARA

Banyak teori yang mengemukakan timbulnya suatu negara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.      Teori kenyataan
Yaitu teori yang menganggap bahwa memang sudah kenyataannya berdasarkan syarat –syarat tertentu negara itu dapat timbul.
2.     
http://mariberbagi-ilmu2.blogspot.co.id/



       DOWNLOAD  VERSI MICROSOFT WORD  : KLIK DI SINI



 Teori ketuhanan
Yaitu teori yang menganggap bahwa memang sudah menjadi kehendak Tuhan Yangn Maha Kuasa suatu negara itu timbul.
3.      Teori perjanjian
Yaitu teori yang menganggap bahwa suatu negara itu terbentuk berdasarkan perjanjian bersama antar orang-orang yang sepakat mendirikan suatu negara ataupun antara orang  orang yang dijajah dengan penjajahnya.
4.      Teori penaklukan
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu timbul karena serombongan manusia menundukkan serombongan yang lain sehingga negara berdiri atas dasar pemberontakan, proklamasi, peleburan maupun pengusaan.
5.      Teori kekuatan
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu timbul karena serombongan manusia mengalahkan rombongan manusia yang lain, rombongan manusia yang lebih kuat ini kemudian membuat hukum (might  makes right) dengan demikian kekuatan menjadi pembenaran dan raison d’etre-nya negara, teori kekuatan ini sama dengan teori penaklukan.
6.      Teori patrilinieal
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu timbul karena dalam suatu kelompok keluarga yang masih primitif pada mulanya, sang ayah sebagai seorang pemimpin keluarga memiliki kekuasaan kemudian penerusnya ditarik dari keturunan anak laki-laki tertua ataupun berikutnya.
7.      Teori matrilineal
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu timbul karena dalam suatu kelompok  keluarga yang masih primitif pada mulanya, walaupun kepemimpinan dapat saja dijabat oleh seorang laki-laki ataupun seorang wanita, namun pengganti diambil dari garis keturunan ibu (wanita).
8.      Teori organis
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu sebagai manusia, pemerintah dianggap kepalanya, masyarakat dianggap sebagai  pemerintah dianggap sebagai daginggya, undang-undang dianggap sebagai tulangnya, dengan begitu negara bagaikan manusia dapat lahir, tumbuh, berkembang dan kemudian mati karena bubar.
9.      Teori daluwarsa
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu terbentu karena memang sudah dari dulunya ada seseorang yang memerintah, karena lalu dengan sendirinya seterusnya keturunan yang bersangkutan diterima sebagai pemilik negara yang membudaya.
10.  Teori alamiah
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu adalah ciptaan alam yang sudah terbentuk dan berkembang secara alamiah, dengan begitu batas-batas negara adalah sungai, hutan pantai dan grun pasir yang alami.
11.  Teori filosofis
Uaitu teori yang menganggap bahwa negara terbentuk berdasarkan renungan akan arti sebuah pemerintahan negara lalu diperhitungkan untuk selayaknya ada dengan begitu keberadaan negara berdasarkan pencarian kebenaran, kebaikan dan keindahan suatu pemerintahan yang tidak lepas dari hakekat yang sesungguhnya negara itu.
12.  Teori historis
Yaitu teori yang menganggap bahwa negara itu memiliki lembaga sosial yang tidak dibuat dengan sengaja, tetapi tumbuh secara ecolusioner sesuai dengan kebutuhan situasi dan kondisi ruang dan waktu manusia. Sehingga secara kesejarahan berkembanglah negara itu seperti apa yang kita lihat selanjutnya.



Demikianlah beberapa teori tentang timbulnya suatu negara pendiri negara sudah barang tentu dianggap pahlawan bagi negara  tersebut tetapi tidak menutup kemungkinan menjadi pengkhianata dan pemberontak bagi negara lain yang merupakan mususnya.
Lokasi:INDONESIA Indonesia

0 komentar:

luvne.com tipscantiknya.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com