24 November, 2015

LAHIRNYA PENDEKATAN KUALITATIF



PROSES LAHIRNYA PENDEKATAN KUALITATIF

Penelitian sebagai sistem ilmu pengetahuan, memainkan peran penting dalam bangun ilmu pengetahuan itu sendiri. Maksudnya, penelitian menenpatkan posisi yang paling urgen dalam ilmu pengetahuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan melindunginya dari kepunahan. Penelitian memiliki kemampuan untuk mengupgrade ilmu pengetahuan sehingga ilmu pengetahuan menjadi lebih up-to-date, canggih, aplicated, serta setiap saat aksiologis bagi masyarakat.

DOWNLOAD VERSI MICROSOFT WORD DI SINI : http://adf.ly/1SnX4U


LAHIRNYA PENDEKATAN KUALITATIF
LAHIRNYA PENDEKATAN KUALITATIF

Dalam tradisi penelitian kualitatif, proses penelitian dan ilmu pengetahuan tidak sederhana apa yang terjadi pada penelitian kuantitatif, karena sebelum hasil-hasil penelitian kualitatif member sumbangan kepada ilmu pengetahuan, teahapan penelitian kualitatif melampaui berbagai hatahpan berpikir kritis-ilmiah,yang mana seorang peneliti memulai berpikir secara induktif, yaitu menangkap beerbagai fakta atau fenomena-fenomena social, melalui pengamatan di lapangan, kemudian menganalisisnya  dan kemudian berupaya melakukan teorisasi berasarkan apa yang diamati itu.
Peneliti diarahkan oleh produk berpikir induktif untuk menemukan jawaban logis terhadap apa yang sedang menjadi pusat perhatian dalam penelitian, dan akhirnya produk berpikir induktif menjadi jawaban sementara te3rhadap apa yang dipertanyakan dalam peneltian dan menjadi perhatian itu, jawaban tersebut dinamakan dengan berpikir induktif-analitis.
Proses ilmiah atau ilmu pengetahuan itu tak hanya merupakan berpikir rasional atau bahkan hanya merupakan produk-produk berpikir empiris. Karena sekadar logika deduktif belum memuaskan ilmu pengetahuan, sebaliknya logika induktif akan riskan tanpa bersemai lebih dahulu dalam logika deduktif. Kebenaran ilmiah tidak saja merupakan produk kesimpulan rasional yang koheren dengan sistem pengetahuan yang ada, namun juga sesuai dengan fakta yang ada
Kalau peneliti sudah sampai pada kesimpulan-kesimpulan induksi dan menariknya ke dalam orbit keilmuan yang ada, maka sejak itulah dia telah selesai melaksanakan proses ilmiahnya yang mengasyikkan itu, namun dengan selesai prose situ, berarti pula telah siap suatu landasan, landasan yang siap memberangkatkan ilmuwan-ilmuwan lainnya dalam orbit yang lain pula, yaitu orbit keilmuan yang lebih lebar wawasannya.
Sekian pembahasan mengenai Lahirnya Pendekatan Kualitatif, semoga bermanfaat untuk Anda. Lihat juga artikel lainnya yang ada di blog ini.

Terimakasih telah berkunjung ke artikel ini, wasalam.
Lokasi:INDONESIA Indonesia

0 komentar:

luvne.com tipscantiknya.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com